admin No Comments

Pompa Tenaga Surya Franklin digunakan untuk memompa air dari sumber mata air yang berada di lembah untuk didistribusikan ke perkampungan penduduk yang berada di bukit. Ada pun jarak dari sumber air ke bukit sekitar 2 – 3 kilometer yang kemudian ditampung di bak penampungan untuk selanjutnya didistribusikan ke penduduk sekitar.

Hanya 13.05% bagian dari Tasikmalaya terletak di dataran rendah

stoneage_pic

Jumlah panel surya yang dipasang adalah 13 lembar dengan spesifikasi 200 Wp per lembarnya

Para petani di Desa Malingping, Kabupaten Tasikmalaya sering menghadapi kesulitan untuk mendapatkan air bersih mengingat lokasi mereka berada di bukit yang cukup jauh dari sumber mata air yang biasanya berada di lembah. Seperti kita ketahui bahwa sebagian besar wilayah Kabupaten Tasikmalaya merupakan daerah perbukitan, khususnya di daerah timur Kabupaten. Beberapa berupa pegunungan, seperti yang terlihat di bagian barat laut dimana pegunungan Galunggung berada. Hanya 13.05% bagian dari Kabupaten yang terletak di dataran rendah dengan ketinggian dari nol hingga 200 meter. Sementara ketinggian rata-rata dari Kabupaten ini adalah 200 hingga 500 meter. Sisanya menjulang hingga ketinggian puncak Gunung Galunggung 2,168 meter.

Franklin SubDrive SolarPAK terbukti sangat handal

Upaya Pemerintah daerah Kabupaten Tasikmalaya untuk mengupayakan agar bisa memenuhi kebutuhan air warganya terus dilakukan. Belum masuknya sambungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di wilayah tersebut membuat warga dan pemerintah daerah setempat terus berusaha untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan ini. Ahirnya pada awal tahun 2016 desa ini mendapatkan bantuan instalasi pompa tenaga surya. Pompa yang digunakan ada pompa submersible Franklin tipe 70 SDSP 1,1kW 220 Volt 3 Phase 4″ dilengkapi dengan panel control SubDrive SolarPAK yang sudah terbukti sangat handal dan sudah cukup banyak menjadi pilihan untuk system pompa tenaga surya di Indonesia. Jumlah panel surya yang dipasang adalah 13 lembar dengan spesifikasi 200 Wp per lembarnya.

Jarak dari sumber air ke atas adalah sekitar 2 – 3 kilometer.

Pompa Tenaga Surya Franklin digunakan untuk memompa air dari sumber mata air yang berada di lembah untuk didistribusikan ke perkampungan penduduk yang berada di bukit. Ada pun jarak dari sumber air ke bukit sekitar 2 – 3 kilometer yang kemudian ditampung di bak penampungan untuk selanjutnya didistribusikan ke penduduk sekitar.

plant_pic

Pompa yang digunakan ada pompa submersible Franklin tipe 70 SDSP 1,1kW 220 Volt 3 Phase 4″

Paket instalasi pompa tenaga surya ini cukup tepat digunakan untuk daerah terpencil mengingat pompa dapat beroperasi dengan kondisi dimana tidak banyak dibutuhkan perawantan khusus (free maintenance). Pompa bekerja sesuai dengan “power” yang diperoleh dari sinar matahari tanpa mengunakan baterai atau accu, sehingga penduduk setempat tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar listrik guna menjalankan pompa. Namun masih terdapat kendala bahwa daerah ini kurang mendapatkan sinar matahari yang cukup sepanjang tahunnya dibandingkan dengan wilayah lain di Jawa Barat seperti Cirebon, Indramayu dimana cahaya matahari disana sangat berlimpah. Oleh sebab itu maka sebaiknya pompa tetap di “backup” dengan energi listrik. Jadi dengan menggunakan panel Franklin jika power dari tenaga surya tidak mencukupi maka secara otomatis pompa akan berjalan mengunakan listrik, terutama pada saat musim hujan dimana sinar matahari tidak mencukupi. Controller SubDrive SolarPAK Franklin adalah “controller” yang sangat pintar yang secara otomatis bisa mengatur sendiri sumber “power” yang akan digunakan dalam kondisi tertentu.

plant_pic

Controller SubDrive SolarPAK Franklin dapat disetting secara otomatis agar bisa mengatur sendiri sumber “power” yang akan digunakan.

Franklin melalui dealer resminya, PT. Kenindo Utama Teknik juga memiliki komitmen untuk selalu memberikan support teknis jika terjadi masalah di lapangan. Hal ini juga merupakan komitmen dari Franklin sebagai supplier sistem pompa submersible yang telah menyediakan sistem ini di berbagai negara di belahan dunia. Pelayanan ini tidak selalu diberikan oleh supplier lain yang biasanya akan mengenakan biaya untuk setiap kunjungan ke lokasi instalasi pompa.

plant_pic

Rikky Kurniawan, PT. Kenindo Utama Teknik melakukan kunjungan ke lokasi untuk memberikan support.

“Saya mengangap bahwa “aftersales service” merupakan hal yang penting bagi sebuah instalasi pompa dan kami memiliki komitmen untuk menyediakan ini,” tukas Rikky Kurniawan, PT. Kenindo Utama Teknik.

 

solarpak_Gallery94cb
SubDrive SolarPAK